Pentingnya Ekstraksi Gigi Demi Kesehatan

Apakah ekstraksi gigi itu?

Gigi berlubang memang sering terjadi, selain sakit, gigi juga terasa ngilu dan nyut-nyutan. Bahkan gigi sudah tidak keropos lagi dan tidak utuh. Apakah sakit gigi akan hilang dengan sendirinya? Tentu saja tidak. Apabila lubang pada gigi semakin besar maka rasa sakitnya akan bertambah dan mengganggu aktifitas. Biasanya, solusi paling cepat yaitu datang ke dokter gigi dan meminta gigi dicabut saja (ekstraksi gigi) apabila sakit giginya semakin parah.

Apabila gigi berlubang semakin besar maka sakit akan sangat mengganggu dan jika dibiarkan saja maka menimbulkan sakit yang berdenyut bahkan sampai pembuluh darah.  Jika tidak dirawat bisa menyebabkan infeksi dan menyebar ke jaringan bawah gigi serta menimbulkan abses. Selain itu, rasa sakit ini bisa menyebabkan pipi menjadi bengkak dan bahkan sakit kepala.

Menghilangkan rasa sakit bisa menggunakan obat antibiotik sehingga meringankan rasa sakit. Obat bisa menghilangkan infeksi yang terjadi pada sekitar gigi, namun rasa sakit yang muncul tidak akan selesai hanya karena obat saja. Maka dari itu, kebanyakan dianjurkan untuk mencabut gigi atau ekstrasi gigi.

Alasan dilakukan Ekstraksi gigi

Pentingnya ekstrasi gigi bisa dilakukan dengan mempertahankan gigi secara permanen, tetapi ada alasan yang menyebabkan gigi perlu dilakukan pencabutan. Gigi yang berlubang/membusuk apabila tidak dicabut maka akan menimbulkan kerusakan gusi dan infeksi. Selain itu, gigi yang lain juga akan terganggu dan menyebabkan masalah pada rongga mulut.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *